Monday, April 13, 2020

Prefab & Rigidbody

buatlah sebuah projek unity dengan nama apa saja atau bisa juga teman- teman menggunakan scene dari projek sebelumnya

tambahkan sebuah Plane dengan memilih GameObject -> 3D Object -> Plane lalu beri nama Lantai1 dan Lantai2.



buat posisi dan ukuran objek seperti gambar dibawah .



Klik Lantai2 pada tab Hierarchy kemudian buat GameObject Child dengan cara klik menu GameObject -> Create Empty Child. Atur posisi GameObjectChild tadi menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga sedikit di atas Lantai2


Ganti nama Game Object Child tadi menjadi TitikJatuh, Selanjutnya buat sebuah Sphere baru dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Sphere dan ganti namanya menjadi MyBall.



Tambahkan sebuah gambar pada panel Assets dengan cara klik kanan pada panel Assets -> Import New Assets, lalu pilih salah satu gambar yang ada di komputer Anda.
Dari panel Assets, drag gambar tersebut lalu letakkan pada MyBall



Klik MyBall dan tambahkan RigidBody, Rigidbody adalah sebuah komponen penting yang dapat membuat GameObject seolah-olah memiliki berat dan dapat dipengaruhi oleh gaya gravitasi.



Buat sebuah Physic Material dengan cara klik Assets -> Create -> Physics Material dan beri nama Bounce.

Ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.

Kita kembali ke GameObject MyBall, tambahkan Material Bounce dengan cara drag dari panel Assets ke panel Sphere Collider, parameter material. Atau klik tombol kecil di kolom Material pada komponen Sphere Collider milik MyBall


Berikutnya untuk menjadikan Prefab, drag MyBall dari tab Hierarchy ke panel Assets

Kalau sudah maka MyBall pada tab Hierarchy dapat dihapus karena yang akan digunakan adalah prefab yang ada di assets.

Prefab adalah sebuah instansiasi dari sebuah GameObject sehingga GameObject yang sudah pernah dibuat bisa digunakan kembali dengan cepat. Selain itu Prefab memungkinkan GameObject digandakan menggunakan script. Untuk menggunakan prefab cukup drag dan drop MyBall dari assets ke scene seperti berikut.



Buat script C# dan beri nama GandakanBola.cs lalu ubah script menjadi seperti berikut ini.


Selanjutnya pasang script tersebut di GameObject mana saja yang Anda suka, lalu pastikan parameter TempatJatuh dan parameter Bola diisi.

Parameter TempatJatuh diisi dengan GameObject TitikJatuh, sedangkan parameter Bola diisi dengan prefab MyBall

Jalankan Games dan klik tombol Buat Bola berkali-kali / Spasi. Perhatikan pula kondisi tab Hierarchy dengan seksama, semua GameObject yang terbentuk dan terterah di sana akan menghilang secara otomatis setelah 5 detik.

Sekian Terimakasih

Kunjungi https://www.budiluhur.ac.id/